BALANCED SCORECARD
SEBAGAI PENGUKURAN KINERJA
Apa itu BSC ?
· Pengukuran
kinerja perusahaan yang modern dengan mempertimbangan empat perspektif (yang
saling berhubungan) yang merupakan penerjemahan strategi dan tujuan yang
diingin dicapai oleh suatu perusahaan dalam jangka panjang, yang kemudian
diukur dan dimonitor secara berkelanjutan
·
Konsep
ini dikembangkan oleh Robert S. Kaplan
dan David P. Norton
Kapan Munculnya
Balanced Scorecard ?
· Adanya
pergeseran tingkat persaingan bisnis dari industrial competition ke information
competition, sehingga mengubah alat ukur atau acuan yang dipakai oleh
perusahaan untuk mengukur kinerjanya.
Perubahan Teknologi à Persaingan ketat di dunia
bisnis à Mendorong kebutuhan akan
Informasi à Mengakibatkan persaingan
Informasi à Untuk membantu ambil
keputusan.
Mengapa
kata “BALANCE”
- Karena Balanced Scorecard menunjukkan adanya keseimbangan antara semua factor yaitu keseimbangan antara :
- Faktor keuangan dan non
keuangan
- Pihak eksternal dan internal
- Jangka pendek dan jangka panjang
Empat Perspektif
Apa Saja ?
1. Perspektif Keuangan (K)
2. Perspektif Pelanggan (NK)
3. Perspektif Bisnis Internal (NK)
4. Perspektif Pertumbuhan dan
Pembelajaran (NK)
Mengapa Harus 4
Perspektif ?
·
Perspektif
Keuangan tidak cukup mencerminkan kinerja perusahaan dimana perspektif keuangan
yang baik tidak menjamin bahwa perusahaan tersebut akan bisa exiss dalam jangka
panjang (yang merupakan tujuan utama suatu perusahaan didirikan)
Mengapa
Perspektif Non Keuangan Penting ?
· Perspektif
Non Keuangan di anggap sebagai bagian yang bila ikut diperhatikan, pada
akhirnya dapat mendongkrak kinerja keuangan yang merupakan keinginan utama dari
pemegang saham.
·
Untuk
dapat exiss, perusahaan harus mempunyai strategi yang dituangka dalam
action-action, sehingga penilaian kinerja juga harus lebih dari sekedar
penilaian financial.
Apa yang
diutamakan dalam setiap perspektif ?
1. Financial à Berorientasi pada para pemegang saham
2. Customer à Bagaimana kita bisa menjadi
supplier utama yang paling bernilai bagi para customer
3. Internal Bussiness Process à Proses bisnis apa saja yang terbaik yang harus
kita lakukan dalam jangka panjang untuk mencapai tujuan financial dan kepuasan
konsumen
4. Learning and Growth à Bagaimana kita bisa meningkatkan dan menciptakan
value secara continue terutama dalam hubungannya dengan kemampuan dan motivasi
karyawan
Apa Yang Dinilai
dari Perspektif Pelanggan ?
Perspektif
Pelanggan dapat diukur dengan lima
aspek utama (Kaplan, 1996)
- Pengukuran Pangsa Pasar
- Pengukuran Customer Retention
- Pengukuran Customer Acquisition
- Pengukuran Customer Satisfaction
- Pengukuran Customer Profitability
Apa Yang Dinilai
dari Perspektif Bisnis Internal ?
Perspektif
Bisnis Internal dapat diukur dengan tiga aspek utama yaitu :
- Proses Inovasi (penelitian dasar dan trepan juga penelitian pengembangan produk)
- Proses Operasi (menitikberatkan pada efisiensi proses, konsistensi dan ketepatan waktu dari barang/jasa yang diberikan kepada konsumen.
Pengukuran
terhadap efisiensi waktu yang dibutuhkan (time measurements)
Processing Time
Manufacturing Cycle Efectiveness = ----------------------
Throughput Time
Pengukuran
terhadap kualitas proses produksi (quality process measurements)
Menditeksi adanya tingkat
kerusakan produk dari proses produksi, perbandingan produk bagus yang
dihasilkan dengan produk bagus yang masuk dalam proses, bahan buangan (waste),
bahan sisa (scrap), besarnya angka pengerjaan kembali (rework), besarnya angka
pengembalian bari dari konsumen dll.
Pengukuran
terhadap efisiensi biaya proses produksi (process cost measurements)
Dalam manufaktur maju,
pengukuran atas biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan produk digunakan ABC
system.
Ketiga poin di atas secara
bersama-sama (simultan) akan menghasilkan
tiga parameter yang penting untuk mengkarakteristikkan pengukuran proses
bisnis internal (perhitungan biaya yang tepat dimana tidak ada pemborosan biaya dari
aktivitas yang tidak bernilai tambah dan kualitas produk yang dihasilkan baik akan menghasilkan proses bisnis internal
yang baik).
- Pelayanan Purna Jual (akan mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen)
Aktivitas-aktivitas diantaranya
: garansi, reparasi, perlakuan terhadap produk cacat atau rusak, pelayanan
dalam komplain dll
Apa Yang Dinilai
dari Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran ?
·
Betapa
pentingnya untuk terus memperhatikan karyawan, memantau kesejahteraannya,
meningkatkan pengetahuan karyawan yang pada gilirannya akan meningkatkan
kemampuan untuk mencapai hasil ketiga perspektif diatasnya.
- Mengukur Kemampuan Karyawan dengan 3 aspek :
Pengukuran
kepuasan karyawan
·
Tingkat
keterlibatan karyawan dalam proses pengambilan keputusan
·
Pengakuan
terhadap hasil kerja karyawan
·
Kemudahan
dalam mendapatkan informasi sehingga dapat bekerja sebaik mungkin
·
Keaktifan
dan kreativitas dalam melakukan pekerjaan
·
Tingkat
dukungan yang diberikan kepada karyawan
Pengukuran
perputaran karyawan dalam perusahaan
Pengukuran
produktivitas karyawan
·
Gaji
yang diperoleh
·
Rasio
perbandingan antara konpensasi yang diperoleh karyawan dengan jumlah karyawan
yang ada di perusahaan.
2. Kemampuan Sistem Informasi
Kualitas dan produktifitas
karyawan dipengaruhi oleh akses terhadap system informasi yang dimiliki
perusahaan (persentase ketersediaan informasi). Semakin mudah informasi
diperoleh maka karyawan akan memiliki kenerja yang semakin baik
Informasi yang dibutuhkan
karyawan seperti informasi pelanggannya, biaya produksi dll
3. Motivasi, Pemberian Wewenang dan Pembatasan
Wewenang Karyawan
Selain kemudahan akses
informasi yang bergitu bagus tetapi juga harus diikuti dengan adanya motivasi
karyawan untuk mau meningkatkan kinerjanya.
Pengukuran motivasi karyawan
dapat dinilai melalui dimensi :
3.1. Pengukuran terhadap sarana yang
diberikan kepada perusahaan dan diimplementasikan
3.2. Pengukuran atas perbaikan dan
peningkatan kinerja karyawan
3.3. Pengukuran terhadap
keterbatasan individu dalam organisasi
Referensi
:
1. Mulyadi (1999), Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen : Sistem Pelipatganda
Kinerja Perusahaan, Edisi satu, Yogyakarta
: Adiya Media
2.
http://puslit.perta.ac.id/journals/acounting
Roulette - Casino Review, Bonuses and Free Play | Wooricasinos.info
BalasHapusRoulette. Roulette is 인천 휴게텔 a game where 검증 사이트 먹튀 랭크 you take control 스포츠스코어 of a spinning wheel spinning the spinning wheel spinning the spinning wheel. This wheel spins in 토토가입머니 a Rating: 4.5 · Review 레드 벨벳 러시안 룰렛 by Wooricasinos