1.
Pada dasarnya motivasi dapat
dibagi kedalam dua kelompok, yaitu motivasi ekstrinsik dan intrinsik. Jelaskan!
2. Menurut Anda, bagaimana motivasi dan kepemimpinan pada abad 21 ini?
3. Jelaskan mengenai klasifikasi sistem operasi jasa!
2. Menurut Anda, bagaimana motivasi dan kepemimpinan pada abad 21 ini?
3. Jelaskan mengenai klasifikasi sistem operasi jasa!
Jawaban
1. Motifasi ekstrinsik
Motifasi
ekstrinsik adalah untuk mengejar suatu tujuan yang diakibatkan oleh
imbalan-imbalan eksternal
Motifasi intrinsik
Motifasi
intrinsik adalah keinginan beraktivitas atau meraih pencapaian tertrntu
semata-mata demi kesenangan atau kepuasan dari melakukan aktivitas tersebut
2. Motivasi adalah kegiatan memberikan dorongan kepada diri sendiri atau
orang lain untuk bertindak sesuai kehendak dimana motivasi itu akan
membangkitkan motif atau daya gerak untuk berbuat sesuatu dalam rangka
memuaskan kebutuhannya. Motif ini muncul karena adanya kebutuhan hidup baik itu
kebutuhan primer ataupun sekunder. Maka sudah seharusnya para pemimpin harus
menguasai teknik teknik motifasi dalam sebuah perusahaan atau suatu
kepemimpinan pemerintahan. Pada abad ke-21 ini motifasi dan kepemimpinan
sangatlah kompleks, contohnya prestasi kerja seorang karyawan sering bertolak
belakang dengan kemampuannya, maka pemimpin harus mengetahui banyak hal yang
dapat menimbulkan motivasi.
3. Klasifikasi sistem operasi jasa menurut Baumol
-
Stagnant personal service
Membutuhkan
kontak langsung dengan konsumen, contohnya Dokter
-
Substitutable personal service
Membutuhkan
kontak langsung dengan konsumen, jasa dapat diganti dengan teknologi atau
alternatif lain, contohnya asisten rumah tangga
-
Progressive service
Memerlukan
sedikit tenaga kerjaatau banyak tenaga kerja secara intensif, contohnya siaran
radio, komputasi
-
Explosive service
Tidak
ada kontak dengan konsumen, contohnya telkomunikasi telepon
boleh ga copy jawabanyya..
BalasHapuswah ini pertanyaan yang jadi tugas kuliah d UT
BalasHapus