Rabu, 15 Februari 2012

TANYA JAWAB YUU..


1.    Pada dasarnya motivasi dapat dibagi kedalam dua kelompok, yaitu motivasi ekstrinsik dan intrinsik. Jelaskan!

2. Menurut Anda, bagaimana motivasi dan kepemimpinan pada abad 21 ini?

3. Jelaskan mengenai klasifikasi sistem operasi jasa!

Jawaban
1.    Motifasi ekstrinsik
Motifasi ekstrinsik adalah untuk mengejar suatu tujuan yang diakibatkan oleh imbalan-imbalan eksternal
Motifasi intrinsik
Motifasi intrinsik adalah keinginan beraktivitas atau meraih pencapaian tertrntu semata-mata demi kesenangan atau kepuasan dari melakukan aktivitas tersebut

2.   Motivasi adalah kegiatan memberikan dorongan kepada diri sendiri atau orang lain untuk bertindak sesuai kehendak dimana motivasi itu akan membangkitkan motif atau daya gerak untuk berbuat sesuatu dalam rangka memuaskan kebutuhannya. Motif ini muncul karena adanya kebutuhan hidup baik itu kebutuhan primer ataupun sekunder. Maka sudah seharusnya para pemimpin harus menguasai teknik teknik motifasi dalam sebuah perusahaan atau suatu kepemimpinan pemerintahan. Pada abad ke-21 ini motifasi dan kepemimpinan sangatlah kompleks, contohnya prestasi kerja seorang karyawan sering bertolak belakang dengan kemampuannya, maka pemimpin harus mengetahui banyak hal yang dapat menimbulkan motivasi.

3.    Klasifikasi sistem operasi jasa menurut Baumol
-          Stagnant personal service
Membutuhkan kontak langsung dengan konsumen, contohnya Dokter
-          Substitutable personal service
Membutuhkan kontak langsung dengan konsumen, jasa dapat diganti dengan teknologi atau alternatif lain, contohnya asisten rumah tangga
-          Progressive service
Memerlukan sedikit tenaga kerjaatau banyak tenaga kerja secara intensif, contohnya siaran radio, komputasi
-          Explosive service
Tidak ada kontak dengan konsumen, contohnya telkomunikasi telepon

2 komentar: